Kamis, 08 Maret 2018

Cara Kerja Web Deface, Tindak Kriminal Dunia Maya

Hasil gambar untuk Membuat Website Anda SEO Friendly

jasa pembuatan website murah - Teknologi yang berkembang demikian cepat memang di rasa buat semua jadi mudah, tetapi hal tersebut juga menyebabkan efek yang cukup banyak untuk kehidupan sendiri. Umpamanya saja seperti kejahatan dunia maya yang selalu berkembang dari masa ke masa, bahkan juga dengan cara yang tidak sama.

Kejahatan dunia maya sudah pasti sifatnya merugikan, bukan sekedar dapat mengambil privacy seorang saja tapi dapat juga mengganggu situs punya orang yang lain ; misalnya seperti melakukan situs deface. Tetapi sesungguhnya apakah itu situs deface dan bagaimana caranya kerjanya?

Berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian situs deface, cara kerja, sekaligus beberapa typenya.

Pengertian Situs Deface – Apa Itu Situs Deface?
Deface adalah salah satu aktivitas mengubah penampilan suatu situs baik itu halaman utama, index file, maupun halaman beda yang masih tetap terikat dalam satu url dengan situs itu. Aktivitas ini sendiri sering disalahgunakan oleh beberapa peretas untuk mengganggu beberapa situs tertentu.

Mengenai situs deface ini dapat dilancarkan dengan baik jika terdapat celah pada system keamanan situs korban, dan tanda-tanda sebuah situs terserang serangan ini yaitu yaitu terjadinya perubahan penampilan pada situs berkaitan dengan penampilan yang biasanya diisi pesan-pesan aneh dari beberapa peretas. 

Untuk lebih memantapkan aksinya, beberapa peretas atau hacker sendiri biasanya meninggalkan pesan dan nickname mereka agar hasil kerjanya di ketahui oleh khalayak ramai. Beberapa Type Situs Deface :

1. Semua Halaman (Full of Page)

Situs deface yang satu ini ini berarti melakukan peretasan atau istilahnya men-deface satu halaman penuh penampilan depan situs punya korban. Untuk melakukan serangan ini, seseorang peretas harus berhubungan segera dengan server punya korban manfaat ketahui di mana tempat root situs berkaitan berada. Kemudian baru peretas dapat melakukan serangan deface dengan mengatur file index dan yang lain dengan penuh.

2. Beberapa Atau Hanya Menaikkani

Berlainan dengan Full of Page yang menyerang situs dengan penuh, kesibukan deface yang satu ini hanya menyerang situs korban beberapa saja. Umpamanya hanya dengan menghadirkan beberapa kata, gambar, atau menambahkan script-script yang mengganggu saja. Serangan ini biasanya dapat dilakukan jika beberapa peretas temukan celah dari system keamanan situs. Dan beberapa peretas sendiri biasanya melakukan hal semacam ini dengan program-program seperti SQL atau database injection.

Tehnis Dalam Deface Website
Celah keamanan situs yang lemah pasti adalah salah satu aspek dari terjadinya serangan deface. Dalam hal semacam ini, beberapa peretas sendiri mencari celah di bagian keamanan entitas html (HTML Entity) dari sebuah situs. Jika celah keamanannya lemah, automatis beberapa peretas bisa dengan mudahnya melakukan serangan deface yang biasanya memercayakan kode javascript.

Sesungguhnya banyak beberapa cara beda yang dapat dipakai oleh peretas untuk memperlancar serangan Deface. Tetapi contoh diatas yaitu cara umum yang paling banyak dipakai.

Maksud Dari Serangan Deface
Setiap peretas pasti memiliki alasan dan maksud semasing di balik serangan deface yang mereka kerjakan. Umpamanya saja karena iseng, karena aktor tidak sukai dengan situs berkaitan, karena ingin balas dendam, ingin dipandang hebat, ingin menguji kekuatan dan beda sebagainya. Alasan-alasan itu mungkin jadi motivasi intinya, tetapi yang tentu kesibukan deface sendiri pasti merugikan pihak beda dan hal semacam ini telah dapat dipandang jadi salah satu kejahatan dunia maya.

Tetapi diluar itu nyatanya ada beberapa pihak yang menyebutkan kalau serangan deface tidak selama-lamanya memiliki karakter mengakibatkan kerusakan atau merugikan. Karena dalam beberapa masalah tertentu, kesibukan deface malah diperuntukkan untuk memberitahukan pada yang memiliki situs kalau ada celah keamanan dari website-nya yang perlu ditingkatkan sekali lagi.

Terjadinya Perubahan Pada Situs KPU

Situs punya negara memang sering jadi incaran beberapa peretas untuk memperlancar aksinya, dan tidak kecuali untuk situs resmi KPU. Karena pada tanggal 17 April 2004 yang lalu, seseorang hacker bernama Dani Hermansyah sempat melakukan serangan deface pada situs KPU dan merubah beberapa nama partai jadi nama buah-buahan dalam website itu, yakni www. kpu. go. id.

Peristiwa itu pada akhirnya buat keyakinan situs KPU menyusut di mata orang-orang, dan kredibiltasnya pun pantas dipertanyakan. Orang-orang hanya kuatir peristiwa itu menyebabkan angka-angka jumlah pemilih yang telah masuk disana jadi tidak aman dan punya potensi dirubah demikian saja.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.